Sabtu, 03 November 2012

Apa itu Entrepreneur?


Tentang apa itu Entrepreneur,
Saya tidak mencoba mengambil definisi dari orang lain. Blog ini pure saya tulis dari apa yang keluar dari otak  saya, dari yang telah diajarkan kepada saya, dari yang saya pelajari dari banyak narasumber, lalu saya pahami, saya alami, dan saya ingat. hehe




Jadi, Entrepreneur itu....


Seorang pengusaha yang mana usahanya lah yang bekerja untuknya, dengan kata lain : sistem yang bekerja untuknya dan menghasilkan uang untuknya. Bagaimana maksudnya? 
Kalau ada pengusaha yang lagi tidur... terus maen PES... terlihat santai... menikmati hidupnya... tapi tau-tau uang di rekeningnya sudah bertambah, nah itu baru yang dinamakan Entrepreneur.

Kok bisa?
Bisa dong... Misalnya begini, ada seorang pengusaha yang punya warung besar. Dia tidak ikut dalam kerja sehari-hari. Tidak ikut jadi pelayannya, tidak ikut jadi kasirnya, dan intinya tidak terlibat secara langsung pada kegiatan penjualan. Manajemennya pun sudah tertata baik dan dia hanya duduk saja di rumah atau melakukan aktifitas lain yang lebih bermanfaat. Tetapi setiap hari, secara otomatis dia selalu bisa memantau perkembangan usahanya ini, menerima laporan dari rekan-rekan yang bekerja di warung itu. Berapa untungnya, berapa ruginya... Apa masalahnya dan apa solusinya... Dan dia hanya terlibat dalam pengambilan keputusan-keputusan penting saja. Penghasilan pun bertambah dan terus meningkat. Itulah Entrepreneur!

Lebih singkat : 
Kalau kamu punya usaha, walaupun kamu tinggalkan usaha itu untuk melakukan aktifitas lain, tetapi usaha itu tetap menghasilkan keuntungan, berarti kamu telah menjadi Entrepreneur! :D

Ya, itu yang saya pahami tentang definisi Entrepreneur. Lain halnya jika kita punya usaha misalnya berjualan bakso. Tetapi proses pembuatan hingga penjualan dilakukan sendiri. Nah, pekerjaan seperti ini disebut  Self-Employee atau bekerja untuk diri sendiri. Kalau pekerjaannya ditinggal sehari saja, ya hari itu pun tidak ada penghasilan untuknya.

Tetapi jangan salah...
Mereka-mereka yang sudah jadi Entrepreneur, sebelumnya harus dan pasti menjalani hidup sebagai Self-Employee. Itu jalan mutlak jika kita ingin menjadi Entrepreneur sejati, bukan Entrepreneur gadungan yang dapat warisan langsung dari mertua. Tiba-tiba kejatuhan duren jadi direktur perusahaannya mertua. hehe

Mungkin saya bisa memberikan sedikit teladan Entrepreneur dari orang-orang yang sudah sukses. Mereka ini juga awalnya mengalami manis dan pahitnya hidup sebagai pedagang grobak atau sales atau agen atau macam-macam lah pokoknya. Silakan klik link yang saya beri berikut ini untuk memahami kisahnya.
  1. Rasululloh adalah seorang Entrepreneur dan menjadi pedagang dari umur 15 sampai 45 tahun. 
  2. Kisah Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Anak singkong berarti anak kampung dari keluarga miskin, kemudian di usinya yang ke 50 tahun, beliau bermetamorfosis menjadi seorang yang bisa memberi lapangan pekerjaan bagi lebih dari 75 ribu jiwa.
  3. Hendy Setiono berhasil mengembangkan empat perusahaan waralaba dengan omset miliaran. Langkah sukses peraih banyak penghargaan ini diawali dari gerobak kuning untuk menjual kebab yang dinamai Kebab Turki Baba Rafi di tahun 2003.
  4. Bakso Malang Cak Eko sebagai waralaba Bakso terkenal di Indonesia
  5. Mas Wawan sebagai pedagang beras yang setia menemani saya maen PES tiap kali saya pulang kampung. 
  6. Mas Andika Bayu, Dosen saya yang jadi pemilik Nethost, dan Investasiemasonline.
Dan masih banyak lagi lainnya seperti Bill Gates, 

Seperti 
Mungkin demikian penjelasan sederhana yang bisa ku tulis. Semoga bermanfaat ya...

-Rodez-
SMANGAD! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar