Rabu, 10 Juli 2013

Kawan Berbagi Ilmu - Ilmu apa aja boleh yang penting langsung bermanfaat




Ini threat yang aku bikin di FB tanggal 27 Juni 2013. Awalnya gue ajak temen2 share via BB, terus gue posting di FB, eh, ternyata juga banyak yang ikut nimbrung. Asik juga.... Selamat membaca.

Nikmat Ilmu hari ini dr temen2 ku.

"Maukah km share suatu ilmu di bidang km atau apapun yg mudah kumengerti, simple, bisa brguna tiap hari, n bisa ku share lagi ke yg lain? Nanti kita saling berbagi ilmu."

Ada yg mau share?
Please just spit it out from your brain! It will be amazing.

Trust me!



==================================================
1. Dari calon istri gue: Ernie Kusumawati., Calon Dokter Gigi

 Karang gigi itu terbentuknya dari plak yg menumpuk. Plak itu akan matang dalam 24jam, matang disini maksudnya bakteri2 yg ada d plak bisa menginfeksi jaringan gusi di sekitarnya.

Makanyaaa, rutin disuruh sikat gigi 2x dlm sehari.. Jgn sampe dlm 24jam gigi g disikat sm skali. Klo uda mateng, gusinya jd meradang.. Radang ini akibat sistem tubuh kita yg merespon adanya bakteri yg berbahaya. Kalo plaknya dicuekin muluuuu.. Sampe akhirnya numpuk teruuuus, dlm 6bulan, plaknya bakalan keras. Namanya 'terkalsifikasi'. Lalu, kena kalsium dr makanan2, minuman, dll.. Akhirnya mengeras.. Jadi karang gigi.

Kalo uda jd karang gigi, g bisa dibersihin sndiri lewat sikat gigi, dll. Dibersihinnya dg bantuan dokter gigi. Namanya aja 'karang'. Kaya batu. Disikat sampe berdarah pun g bisa ilang.

Jadi, jangan lupa gosok gigi tiap hari supaya gigi kita g berkarang.
---

That's great! Many people don't know about that. Thanks to Ernie...
Alhamdulillah...

==================================================
 2. From Risqi Mahardhika R., Calon Dokter


Olahraga baiknya 3-5x per minggu.
Dengan durasi waktu 20-30 menit.

Manfaat olahraga:
1. Mencegah osteoporosis dini
2. Meningkatkan aliran darah ke semua organ tubuh. Aliran darah ke otak juga lbh bagus, jadi otak bisa mikir lbh jernih.
3. Bisa meningkatkan endorfin --> memperbaiki mood dan daya tahan seseorang, bikin hati seneng

---

So, Olahraga itu baiknya 3-5 kali seminggu biaaaaaaaar :
sehat, g cepet keok (osteoporosis), pikiran tokcer, dan hati menjadi riang gembira!!!

That's amazing advice! Let's thanks to Dika... We know it now.
Alhamdulillah...

==================================================
3. Form Jenny Gerritz (psikolog).

Untuk mencegah kepribadian koruptor setidaknya kepuasan oral anak usia 0-2 thn harus terpenuhi..

Dengan catatan tdk terlalu over juga, krn kepuasan oral yg terlalu over bs membentuk kepribadian serakah..

Kepuasan oral itu kepuasaan yg terletak pd mulut, salah satunya adalah:
"Jangan biarkan bayi menangis terlalu lama krn haus, cukupkan makanan jika anak sudah mulai terasa lapar.."

---

Oooo... Gitu toh... Baru tau gueee...
So, bagi yg punya anak, perhatikan ini penting biar nnti g jadi koruptor. Hahahaha
That's great! Maybe, one year ahead, I and Ernie will have a baby. Aamiin...

So it will be a great advice for us. Thank you to Jenny... Alhamdulillah...



==================================================
4.  Dari Gue Sendiri

Kl bisa, setiap hari, BB km dimatiin deh sblm tidur. Trus dihidupin lagi pas bangun. Kl males, pakai saja auto on/off lewat menu Options->Device.

Itu semua gunanya untuk menghindari lemot. BB juga perlu bubuk lho... supaya memori2 yg numpuk n g kepake bisa dibersihin...
Kayak tubuh kita, perlu mengeluarkan racun di malam hari.

Krn kl lemot, itu akan mmpengaruhi mood km, km jadi cepat marah, pikiran jdi negatif terus, n jadi berdampak negatif ke lingkungan sekitar kamu.

Tapiiii, Kl udh terlanjut lemot bgt, jgn marah dulu. Jangan negthink! Jangan panik! Keep calm...
Langsung tekan bareng2 yeee:
alt kiri+shift kanan (tanda aA yg kanan)+del.

BB km akan restart untuk membersihkan memori2 kecil. Jgn takut krn g akan mrusak BB km maupun mghilangkan data2 km.

Mgkin km sudah tau, smoga bisa mengingatkan km kembali.

Alhamdulillah...


==================================================
5.  Dari Mbak Hesty Pakartiningrum (kesmas jurusan kesehatan lingkungan):


Menghindari hawa panas dirumah itu gampang kok. Ga perlu pake AC. Cukup padatkan tanaman2 dirumah. Terus kalo mo bangun rumah,langit2nya dibikin yg tinggi. Minim 4 meter. Biar udara bebas jalannya. Bkin rumah terang juga gampang kok. Kasih jendela yg banyak. Kalo ga memungkinkan,di dinding bisa dikasi balok kaca yg tebel. Inget,sinar matahari bisa langsung membunuh bakteri TBC. Dan bakteri TBC suka tempat yg lembab makanya ati2 kalo ruanganmu tidak pnh terkena sinar matahari sama sekali dududu~

==================================================
6. Dari Venda Ratih Sagita (saat ini tinggal di Belanda utk magang penelitian kedokteran)


Pesan singkat utk meningkatkan kemampuan belajar dan adaptasi.

Selalu belajar hal yang baru, berpikiran terbuka akan hal-hal yang berbeda/ belum kita ketahui sebelumnya, selalu sapa/ senyum pada orang yang kita temui.

Pacu diri untuk melakukan pencapaian pribadi, contohnya belajar bahasa asing, walaupun tidak ada yg melihat, walaupun salah sedikit, walaupun lidah serasa kelu utk bicara. Jika ingin bisa menulis, biasakan membaca. Jika ingin bisa bicara, biasakan mendengar. Hal ini sesuai dengan letak gyrus (bagian otak) yg mengatur kemampuan menulis terhubung dgn membaca dan berbicara terhubung dgn mendengar.

Hal yg sama berlaku utk anak balita. Perkembangan otak mencapai 80% saat umur 2 tahun, dan 90% saat umur 5 tahun. Jadi kalo nanti punya anak balita (termasuk saya), harus banyak memberi rangsang bicara dan bermain yg melatih kemampuan motoriknya. Dengan kata lain, seorang ibu harus "cerewet" pada anak balitanya jika ingin anaknya cerdas.
 

==================================================
7.   Dari Latif Rozi (Diploma Teknik Informatika)

Ijin ikutan ya
tentang knowledge management.

Desain bangunan perusahaan/sekre/apalah itu namanya bisa dimanfaatkan untuk pertukaran knowledge antar anggotanya.

Contoh : bentuk bangunan perusahaan didesain sedemikian serupa sehingga jalan masuk dan keluar itu sama. Semua karyawan dari berbagai divisi masuk dan keluar dr jalur yg sama. Dgn strategi ini diharapkan semua karyawan dr berbagai divish. Bisa saling bertemu, saling ngobrol bertukar info, ide, berita, atau cuma sekedar gosip. Dari situ kita bisa memfasilitasi knowledge sharing.

Biar lebih mantap, di tempat2 strategis disediakan meja dan kursi santai untuk memfasilitasi "quick meeting". Jadi kalau ada org yg butuh meeting cepat dan mendadak bisa duduk nyaman, ga perlu capek berdiri.

Sebenarnya ga cuma buat meeting darurat, buat ngobrol santai atau ngegosip jg bisa. Toh ngegosip jg salah satu bentuk knowledge sharing  :)

==================================================
8. From Aisyah Darojati ijin ikutan ya..

 
lalat adalah hewan yang terlihat menjijikkan buat kita. tapi Nabi Muhammad saw., dulu menganjurkan kalau ada minuman kita yang ada lalatnya, justru baiknya lalatnya dicelup dulu sekalian, baru dibuang.
terdengar aneh dan nggak masuk akal sepintas. tapi jauh lama kemudian, baru dilakukan penelitian dan ditemukan bahwa di sebelah sayap lalat adalah racun, sebelahnya adalah penawarnya.

atau contoh simpel lain yang mungkin udah familiar sama kita, kalau minum, baiknya duduk. Jaman Nabi Muhammad dulu, belum ada penemuan tentang urgensi minum sambil duduk, tapi beliau sudah mensunnahkannya. Dan baru lama kemudian ditemukan urgensi minum sambil duduk, setelah dilakukan berbagai macam penelitian.

Ada hal-hal yang mungkin sepintas terlihat 'tidak masuk akal' untuk kita. Tapi sepanjang itu perintah Tuhan kita, jalankan saja. Mungkin bukan tidak masuk akal, tapi memang pengetahuan kita yang masih terbatas dan belum bisa menjangkaunya.
Tapi percaya deh, semua perintah dan larangan-Nya, untuk kebaikan kita juga.

#nooffense #selftalk #ngomongnyasambilngacakok hihihi

==================================================
9. From AnoRangga Rahardika ikutan share



Sepuluh Kebiasaan Baik versi B-channel :

1. Periksa kesehatan secara teratur walau tidak sakit.
2. Banyak minum air hangat walau tidak haus.
3. Selesaikan masalah sesulit apapun.
4. Walau berada di pihak benar, tidak ada salahnya mengalah.
5. Tetap bergembira walau tidak ada peristiwa menyenangkan.
6. Tetap berkepribadian luhur walau berkuasa.
7. Beristirahatlah walau tidak merasa lelah.
8. Tetap membatasi diri walau sudah kaya raya.
9. Tetap ingat berolahraga walau sedang sibuk.
10. Tetap memberikan perhatian walau tidak ada peristiwa khusus.
10. From Taufik Noor 
 Sedikit tambahan agar kreatifitas dan kualitas tidak menurun


  • Cobalah melihat dari sudut pandang yang berbeda, misalnya mulai dari yang simple aja, matikan playlist music player anda, dengarkan radio, atau sekedar dengarkan kebisingan lingkungan.. klo yang simple udah, coba hal yang lebih high..
  • SHUT DOWN YOUR COMPUTER and TV.. You are a human, right? So, cobalah berinteraksi dengan lingkungan sekitar.. Bermain dengan tetangga, mulai dari yang kecil di lapangan bola, sampai bapak-bapak di pos ronda.. Bersikaplah lebih terbuka.. dengarkan cerita-cerita mereka.. sharing ide dan wawasan dengan siapa saja.. berbagilah dengan senyum dan tawa..
  • Jangan tidur terlalu larut.. cobalah tidur awal, agar bangun lebih pagi.. Keluar setelah subuh menunggu detik2 matahari terbit. biarkan sinarnya menerpa wajah, bernafas dengan embun dan resapi wangi-wangi dedaunan yang masih basah..
  • Sering-sering berpetualang.. Biarkan dirimu tersesat.. Cobalah sesuatu yang baru.. baik apa yang kamu lihat, dengar, dan rasakan.. Jangan takut untuk ambil resiko.. berlarilah hingga batas limit kalian.. Break the rules..
  • Tulislah ide-ide kalian.. coba cari masalah yang terdapat disekitarmu, dan cobalah selesaikan.. dan jangan biasakan untuk hidup individualis.. mulailah berkolaborasi..
  • This is your life bro.. so, appreciate for every breath you take.. do what you love. if you don't like something, just quit. but if you have found what you love, don't be over thinking, just stop, and take it. because life is simple.. life is short.. do your best, create something and keep smile
==================================================
RESULT :

Ada 10 threat kawan berbagi ilmu.
  1. klo malas gosok gigi, ingat sharingnya Ernie Kusumawati.
  2. klo males fitness atau olahraga, ingat tuh sharingnya Risqi Mahardhika R.
  3. klo udah punya anak, inget ilmunya Jenny Gerritz
  4. klo BB lemot, inget gue. hahag. krn daku g suka yg lemot2...
  5. klo pengen cepet belajar dan beradaptasi inget Venda Ratih Sagita
  6. klo cari referensi rumah/kos, atau bangun rumah, sesuaikan dg kriteria rumah sehat milik mbak Hesty Pakartiningrum dan mas Latif Rozi.
  7. klo laler menclok minuman, ingat kata mbak Aisyah Darojati, begitu kl minum harus duduk
  8. klo pengen hidup bahagia kudu tetap istiqomah, sederhana, tanggung jawab, mengalah sperti sharingnya Mas AnoRangga Rahardika. Ini cc in ke Dek Bening Gumilar juga ah, dari Akang Ano. hahag
  9. klo ingin menjaga kreatifitas dan kualitas hidup, ingat Taufik Noor. hehe 
  10. ada yg belum disebut? masih ada yg nambah? monggo.... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar