Sabtu, 07 Juli 2012

Plagiarisme adalah Kejahatan Kecil yang Menyakitkan

Yap, plagiarisme, siapa tidak kenal dengan plagiarisme? 
Woooo, banyak! orang yang kenal aja masih plagiat, apalagi...
Plagiarisme memang kurang diperkenalkan saat kita masih kecil. Gue aja tau plagiat saat Kuliah, pas SD, SMP, SMA mana kenal sama istilah plagiat. Apakah anda juga sama? ah, kalau tidak, berarti anda hebat dan harus menerapkannya sepanjang waktu dimanapun dan kapanpun. Kalo gue dulu, taunya cuma "jangan nyontek", jangan copas, dll.. hehe

Gue kalo ngejelasin ke temen-temen, pake bahasa dan pemahaman yang gue pegang selama ini. Simple aja:
"Bahwa Plagiat itu tentang gimana caranya elo ngehargain hak cipta/karya orang lain bro.. Minimal kalau elo copas (copy paste), elo harus nyantumin asal sumber dan penulisnya..."

Begono... Simple kan? :D
Sekarang udah pada ngerti nih... (Ya belum lah bos! orang cuma gitu doang penjelasanya)

Nah disini gue cuma mau ngasi link aja buat elo baca-baca tentang apa itu plagiarisme: 
  1. Plagiarisme di Wikipedia
  2. Plagiarisme by Hayatullah Khuamini, SH
Udah, dua aja cukup.
Silakan dibuka dan dibaca sendiri, terus dipahami lalu sebarkan ke yang lain ya... Wajib menyebarkan ke satu orang lah minimal.

Yang penting diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tulisan tentang plagiarisme yang di tulis Bapak Hayatullah di link tersebut, merupakan wujud dari anti plagiat. Bahkan dalam tulisanya, beliau mencantumkan sumber-sumber dengan lengkap. Hebat bukan?

Gue juga lho.. Tulisan yang gue tulis ini misalnya. Ngasih link begitu bukannya takut sama plagiarisme, tapi gue males nulis panjang lebar, ngasih sumber segala macem. Mending gue share link doang aja kayak gitu... Tetep berguna kan? dan pastinya menulis jadi tetap asyik ditambah dengan komentar gue sendiri. Asik bukan? :) 

Minimal kita terapkan dari hal-hal kecil. Misalnya jangan nyanyi kalau gak tau siapa pencipta atau penyanyinya. Kalo elu lagi nyanyi-nyanyi misalnya nyanyi lagu wajib di Sekolah. Nah.. jangan cuma hafal syairnya doang, elo harus hafal siapa penciptanya.
Misalnya, 
Indonesia tanah airku,  
Tanah tumpah darahku,
Disanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku...
Nah, udah tau kan itu lagu ciptaan siapa?



Yap, benar banget! itu lagunya ARIEL! :D






BENAR? BENAR-BENAR SALAH KALEEEEE!
ITU TUH LAGUNYA W.R. SUPRATMAN WOY! hahaha

Maaf bercanda. Misalnya memang benar terjadi disuatu ketika kita lagi nyanyi lagu Indonesia Raya terus didengerin adik dan adik pun tanya siapa penciptanya. Kalau kita tidak tau siapa pencipta lagu Indonesia Raya, lantas mau jawab apa? Masak kita gak jawab? apa gak malu kalau gak kita jawab? Tapi kalau kita jawab Ariel, nanti kalau dia ditanya temannya bakal dijawab Ariel juga. Malah Ariel yang terkenal dong?

Ya sudah, yang penting kita harus menghargai setiap hasil cipta orang lain. 
"Kita harus belajar sedikit-sedikit dan membiasakan diri terhadap plagiarisme. Kadang kita kurang sadar kalau kita plagiat, merasa tidak plagiat padahal kita telah plagiat walau hal sekecil apapun. Fakta mengatakan bahwa plagiat itu menyakitkan. Menyakiti hati orang lain itu perbuatan tidak terpuji." Rodez
Siap? :)



SMANGAD!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar