Sabtu, 16 Juni 2012

Project Manager - Gak Takut Ngejar Orang!

Ini salah satu intermezzo dari Pak Yani, CEO perusahaan tempat gue KP dalam sesi meeting yang telah berlangsung selama hampir 9 jam ini.


Kata beliau, "Orang yang gak takut ngejar orang, pantas jadi Project Manager"
Memang benar, Project Manager berfungsi untuk menyatukan elemen-elemen atau semua stakeholder project baik yang internal maupun yang eksternal. Mampu berkomunikasi dengan baik.

Misalnya ada permasalahan dengan pihak lain dan dia harus menghubungi pihak tersebut, lalu dia bilang "Aduh, kira-kira dimarahin gak ya?" atau "Aduh, gimana gue harus bilang ya? takuuut"

Nah.. itu contoh PM yang gak bakat jadi PM. Harusnya, seorang PM tetap semangat, gak takut menghubungi orang walaupun beresiko di caci maki, di tolak dan kemungkinan buruk lainnya. Berani mengejar sampai masalah benar-benar selesai dan bertanggung jawab atas segala yang terjadi.

Makannya, kadang yang direkomendasikan jadi PM itu yang orang-orang lokal - orang daerah tempat project. Karena orang lokal bisa bahasa native dan ini mendukung komunikasi dengan pihak-pihak lokal juga.

Misal orang asli Surabaya menjadi PM di Surabaya. Pas lagi ngobrol sama pihak lain di Surabaya ya dengan enak dia berkata "Rek, Yok opo rek?" Dengan begitu, pihak yang diajak ngobrol jadi ngerasa dekat, dan akhirnya komunikasi pun lancar jaya...

Begitulah pelajaran yang bisa gue ambil
Thanks buat Pak Yani

SMANGAD!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar